Karet Bantalan Jembatan - Elastomeric Bearing Pad - Elastomer bearing pad - Jayapura,papua
Karet Bantalan Jembatan - Elastomeric Bearing Pad - Elastomer bearing pad
Bridge Bearing Pad yang dalam bahasa Indonesia disebut
Bantalan Peletakan Jembatan atau disini kami singkat saja dengan sebutan
BANTALAN JEMBATAN merupakan sebuah komponen penting dari suatu struktur
jembatan yang terletak di antara bangunan atas jembatan ( " Bridge
decks" ) dan bangunan bawah jembatan ( " Bridge piers" ) .
Walaupun dari segi bentuk dan harga, mereka hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan
besar sebuah system jembatan, tetapi peranan mereka amatlah penting dan dapat
menyebabkan masalah besar jika tidak di rancang secara benar dari tahap awal
perencanaan sebuah jembatan.
Adapun hal hal yg seharusnya di perhatikan pada tahap awal
design bantalan jembatan antara lain adalah :
Kualitas, bentuk, ukuran dan spesifikasi dari bantalan harus
sesuai dengan perhitungan, lingkungan
dan keperluaan. Jangan menggunakan bantalan diluar batas kemampuannya,
dan pilihlah yang berkualitas tinggi !
Instalasi dan tambahan komponen pada bantalan jangan sampai
merusak bantalan itu sendiri; contohnya :
percikan api dan temperatur tinggi dari pengelasan di area sekitar
bantalan karet dapat merusak bantalan tersebut jika tidak dilakukan dengan benar dan hati hati.
Sediakan ruangan yg cukup untuk pergerakan bantalan pada
saat beroperasi.
Sediakan tempat yg cukup dan memadai untuk inspeksi, dan
penempatan alat bantu kerja pada saat perawatan dan penggantian bantalan.
Jika memungkinkan arahkan expansi (pengembangan / permuaian ) struktur jembatan bagian atas (
superstructure ) ke arah tanah yg menanjak !
Fungsi utama sebuah bantalan jembatan selain untuk menahan
beban gravitasi dari struktur atas ( superstucture ) jembatan adalah juga untuk mengakomodasi
pergerakan dan rotasi yg terjadi dan meneruskannya ke struktur bagian bawah (
substructure ) jembatan.
Sedangkan pergerakan dan rotasi ini disebabkan oleh :
Beban kendaraan yg melintas diatasnya dan beban jembatan itu
sendiri.
Angin
Pemuaian dan penyusutan
Aktivitas seismic ( gempa )
Toleransi kontruksi
Material “creep” dll
Bantalan / Bearing pad umumnya di pergunakan selain untuk
jembatan-jembatan, juga untuk
gedung-gedung bertingkat tinggi dan pondasi mesin atau peralatan besar.
Type Bantalan Jembatan :
Ada banyak type bantalan jembatan yg telah dikembangkan dan dipergunakan
diseluruh dunia dg keunggulan dan kekurangan masing masing dan dapat dikategorikan secara umum menjadi 4
type ( Table 1 ), tetapi disini kami hanya akan fokus membahas type bantalan
dari karet saja ( ELASTOMERIC BEARING PADS ). Ada beberapa tipe bantalan /
bearing yg tidak di kelompokan di bagian bantalan karet, walaupun mereka
memiliki bagian yg terbuat dari karet juga seperti bantalan type PTFE Slidding
bearing dan type Pot bearing.
Karet Bantalan Jembatan (Elastomeric bridge bearings pad ):
Bantalan karet dalam banyak hal telah menjadi pilihan utama
para insinyur perancang jembatan / gedung bertingkat karena :
Performa yg baik
Kuat dan tahan lama.
Bantalan karet sudah terbukti masih berfungsi dg baik walaupun sudah
beropoerasi diatas 50 tahun ! dan
diprediksi akan dapat bertahan
hingga 100 tahun !!
Hampir tidak memerlukan perawatan
Murah !! ( jika
dibandingkan dg type bantalan yg lain. )
Tidak berisik karena tidak memiliki bagian yg bergerak.
Dapat menahan beban melebihi beban yg telah di design untuk
waktu yg singkat. Hal ini sangat berguna pada saat terjadi gempa atau
kecelakaan tabrakan.
Bantalan karet mengakomodasi pergerakan dan rotasi yg
terjadi pada sebuah system jembatan atau gedung
dengan cara meregang dan atau merubah bentuk ( deformasi ) dari karetnya
sendiri dan merubahnya menjadi energi panas. Proses ini mirip dengan ban mobil
/ motor yg sedang bergerak. Energi panas yg terbentuk disini yg disebut juga
"heat build up" harus lah kecil, jika tidak maka karet akan cepat rusak karena temperatur tinggi. Karet
alam dan Chloroprene adalah karet yg sangat baik untuk masalah ini, kelebihan
sifat karet ini merupakan salah satu pertimbangan yg menjadikan kedua jenis
karet ini NR dan CR, di jadikan standar untuk pembuatan karet bantalan jembatan
oleh banyak negara.
Semua pergerakan di no. 2,3 dan 4 dapat terjadi secara
bersamaan dan bantalan yang di design secara baik harus dapat mengakomodasinya.
Berdasarkan jenis penguat, bentuk dan jenis karetnya,
bantalan karet dapat di bedakan menjadi sbb:
Dari keempat type bantalan karet berdasarkan jenis
penguat yg tertera di tabel 2 ini, bantalan type
1) Plain
elastomeric pads ( Bantalan karet tanpa bahan penguat ) dan
2) Steel
reinforce elastomeric pads ( Bantalan karet
dengan penguat plat besi baja )
adalah yg paling umum dan luas dipergunakan sekarang
ini. Bantalan dg penguat fiberglass dan
kain (cotton duck) sudah jarang dipergunakan karena secara teknis mereka dapat
digantikan oleh Steel reinforce elastomeric pads ( Bantalan dengan penguat plat
besi baja ) dengan kekuatan yang lebih baik tetapi dengan harga yang relatif
hampir sama dan walaupun dipergunakan
biasanya hanya pada bantalan type Sliding Bearing dan Pot Bearing saja.
Berdasarkan SNI 3967:2013, bantalan karet harus dibuat
dari jenis karet alam ( Natural Rubber )
atau Chloroprene Rubber ( CR ) saja, campuran dari kedua jenis karet ini maupun
campuran dengan jenis karet lain tidak diperbolehkan dan pembuatannya harus
mengacu pada ketentuan AASTHO LRFD
Bridge Design Specification, 4th Edition 2007, khususnya pada bagian
Elastomeric Pads and Steel-Reinforced Elastomeric Bearing – Method A.
Karet alam maupun karet CR masing masing memiliki kelebihan
dan kekurangan. Kekurangan karet CR dibandingkan dg karet alam adalah
harganya yang jauh lebih mahal dan
ketahanan terhadap temperatur rendah yang kurang baik , sedangkan kelebihan CR
yg paling utama adalah ketahanan terhadap bahan kimia dan ozon yg lebih baik
untuk karet CR secara alami . Tetapi dengan semakin majunya aditiv untuk karet
( antioxidant & antiozone ) maka
masalah ozon tidak menjadi persoalan
lagi bagi karet alam.
SNI 3967:2013 merupakan revisi dari SNI 3967 : 2008 yang mengatur Spesifikasi dan
cara uji peletakan elastomer jembatan
tipe polos dan tipe laminasi. SNI ini mengacu pada Standard
AASHTO M 251-06, Standard spesicifcation for plain and laminated
elastomeric bridge bearings
HARGA dan KATALOG
bantalan karet Jembatan
Kami memproduksi elastomeric bearing pads & strips
/ karet bantalan jembatan dengan
spesifikasi sbb:
PLAIN ELASTOMERIC BEARING PADS ( Karet bantalan tipe polos
tanpa penguat ) dengan pilihan karet: :
Karet Alam ( NR ) dengan Hardness / kekerasan 50, 60 &
70 SHORE A
Karet Neoprene ( CR ) dengan Hardness / kekerasan 50, 60
& 70 SHORE A
Untuk katalog silakan klik : TDS Plain Elastomeric Bearing
Pads / Strips
Untuk daftar harga
karet bantalan tipe polos tanpa
STEEL REINFORCE ELASTOMERIC BEARING PADS ( Karet bantalan
dengan penguat plat baja ) dengan
pilihan karet:
Karet Alam ( NR ) dengan Hardness / kekerasan 50, 60 &
70 SHORE A
Karet Neoprene ( CR ) dengan Hardness / kekerasan 50, 60 & 70 SHORE A
Untuk daftar harga karet bantalan dengan penguat plat baja bisa kontak
PENYEDIA MATERIAL DAN JASA PEMASANGAN PERGANTIAN KARET BANTALAN JEMBATAN
Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan
salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ndustri karet konstruksi serta
aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam
dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.
Produk yang kami tawarkan mulai dari rubber fender, bollard,
bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, karet lembaran, karet bumper,
pelindung loading dock hingga expantion joint/siar muai.
Semua produk kami memiliki reputasi baik yang terbukti luas
dalam menghasilkan produk dengan material karet berkualitas serta layak uji.
Kami juga menyediakan jasa pergantian elastomeric bearing
pad atau karet bantalan jembatan, rubber fender serta expantion joint/siar
muai.
Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk
memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.
Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama
pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen.
Informasi dan permintaan penawaran harga terbaik hubungi
kami :
Call & WA : 082245923265 - 087722285552
-Fajar Achmadi-